Jumat, 08 April 2016

MEMBUDAYAKAN RISET SEBAGAI MANIFESTASI CATUR DHARMA UMG



MEMBUDAYAKAN RISET SEBAGAI MANIFESTASI CATUR DHARMA UMG
Muh. Firyal Akbar,S.IP.,M.Si
(Kepala Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah UMG)

Kemajuan perguruan tinggi (PT) sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang ada, dimana civitas akademika dituntut untuk berperan aktif dalam pengembangan kampus. Terkhusus untuk para Dosen dalam melaksanakan kewajibannya baik itu bidang pengajaran, penelitian pengabdian pada masyarakat dan dakwah dituntut untuk selalu melahirkan karya-karya nyata yang dapat mengembangkan Dosen yang bersangkuta secara khusus dan PT tempat mereka bernaung secara umum.
Kegiatan Riset merupakan bagian penting yang harus selalu dilaksanakan oleh seorang Dosen setiap semesternya. Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang baru akan memasuki usianya yang ke 8 pada bulan Juli nanti telah melaksanakan kegiatan-kegiatan riset/penelitian baik itu penelitian internal maupun eksternal yang telah diakui secara Nasional. Hal ini setidaknya tercermin dari hasil-hasil penelitian yang telah ada selama ini yang telah dilaksanakan memperlihatkan kedalaman dan keluasan materi-materi yang memberikan tambahan referensi bagi perkembangan dalam dunia pendidikan, baik  itu tinjauan metode, konsep maupun model-model baru yang lahir sesuai dengan disiplin ilmu yang ada di UMG. Beberapa kemajuan yang didapatkan oleh UMG melalui bidang riset misalnya pada Hibah Penelitian yang dilaksanakan oleh KementristekDikti pada tahun 2015 yang lalu misalnya, banyak para Dosen yang usulan proposal penelitian dan pengabdiannya berhasil lolos dimana untuk penelitian ada 3 proposal dan untuk pengabdian ada 2 proposal. Hal ini melanjutkan prestasi-prestasi Dosen yang pada tahun sebelumnya juga selalu berhasil lolos dalam hibah penelitian yang dilaksanakan oleh Dikti. Prestasi yang lain adalah para Dosen UMG juga telah banyak yang mampu menembus jurnal baik secara nasional maupun internasional.
Keberhasilan yang diraih tersebut merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar bagi UMG khususnya dalam bidang Riset/Penelitian. Olehnya, pihak PT dalam hal ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) selalu aktif untuk mendorong para Dosen-dosen dan para civitas akademika yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan riset. Sehingga melalui hal tersebut kegiatan Riset sebisa mungkin dapat menjadi budaya di kampus UMG. Untuk diketahui, saat ini LPPM UMG telah mengumpulkan proposal-proposal penelitian maupun pengabdian yang diusulkan oleh para Dosen untuk segera diklinikkan, baik untuk dana internal maupun eksternal PT termasuk penelitian KementristekDikti untuk tahun 2016.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar